SUMATERA SELATAN | Ratusan massa FKPP (Forum Komunikasi Pemuda Prabumulih) menggelar Aksi Massa di depan Kantor PT. Baker Huges, Kamis (05/09/24) pagi.

Aksi tersebut merupakan buntut dari pihak Manajemen PT. Baker Huges yang dinilai oleh pihak FKPP tidak transparan dalam rekrutment tenaga kerja terutama tenaga kerja lokal termasuk isu lingkungan.

Diketahui aksi massa tersebut dikawal oleh puluhan personil polisi dari Polres Prabumulih serta pihak keamanan perusahaan.

Sementara itu Koordinator Aksi Kiki Radito dalam keteranganya menyebut kedatangan massa FKPP ke Kantor PT. Baker Huges ini mempertanyakan kembali transparansi rekrutmen tenaga kerja di perusahaan serta menanyakan prihal surat yang pernah dilayangkan pihak FKPP ke PT. Baker Huges namun belum ada jawaban.

"Aksi Massa kali ini merupakan simbol "Salam Kenal" dari FKPP untuk pihak petinggi Baker Huges, " ungkapnya.

Setelah orasi beberapa massa aksi dari FKPP membubarkan diri mengucapkan, Salam Kenal untuk manajemen Baker Huges. 

Pihak FKPP berjanjikan menggelar Aksi Massa yang lebih besar lagi baik jumlah massa maupun durasi waktu aksi sampai tuntutan yang dilayangkan diakomodir.

Ditempat terpisah Ketua Umum FKPP Calik didampingi Sekretariat  Artur Kaunang dalam keterangannya menyebut Aksi Massa kali ini ke PT. Baker Huges merupakan bentuk, "Salam Kenal" FKPP kepada Manajemen Baker Huges.

Menurut Calik ada beberapa tuntutan sebetulnya yang sudah lebih dahulu dilayangkan melalui surat dari FKPP diantaranya soal dugaan limbah B3 dari perusahaan, rekrutmen tenaga kerja lokal Ring 1 serta soal aduan masyarakat  Ring 1 yang berkerja di Baker Huges diberhentikan diduga tanpa ada alasan yang jelas. 

Pihaknya juga menjelaskan sudah beberapa kali bertemu dan ingin ditemui oleh pihak Baker Huges namun rata-rata yang menemui pihaknya bukan petinggi yang bisa memberikan keputusan.

"Sudah pernah bertemu bahkan ingin bertemu tapi yang menemui ini bukan petinggi Baker Huges yang dapat memberikan keputusan tetapi malah dari perwakilan subcont dibawahnya, " ungkap Calik.

Termasuk juga dalam aksi kali ini, menurut Calik kemungkinan yang akan menemui pihaknya tadi bukan dari petinggi Baker Huges, oleh karena itu kita Cukup Perkenalan.

"Kita cukup perkenalan karena kita tahu kemungkinan yang akan menemui bukan dari petinggi Baker. Kita masih membuka dialog 10 hari kedepan dengan petinggi Baker Huges terkait tuntutan yang sudah kita layangkan, jika tidak ada kejelasan FKPP akan datang dengan Massa 5 kali lipat dari aksi hari ini, kita lihatkan nanti 10 hari kedepan, " tegasnya.

Sementara itu, dalam aksi tersebut belum sempat ada pihak dari pihak PT Baker Huges yang menemui massa ataupun mediasi. Tim beritaopini.id pun mencoba untuk konfirmasi kepada pihak perusahan 

yang ada didalam kantor tetapi belum bisa masuk.