MUSI RAWAS UTARA - Ratusan warga di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Provinsi Sumatra Selatan, melakukan blokade Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sumsel-Jambi, Sabtu (17/02/2024).

Aksi blokade Jalinsum Sumsel - Jambi itu dilakukan oleh ratusan warga di depan kantor Camat Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), buntut dari protes warga yang meminta kotak surat suara di tiga desa di Kecamatan Karang Jaya untuk dihitung ulang.

“Kami menuntut agar membuka kotak suara untuk dihitung ulang, khususnya di Embacang Raya,” kata koordinator lapangan, Arimansa Eko Putra, pada Sabtu (17/2/2024) sore.

Mereka menekankan agar tidak boleh melakukan pleno di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebelum kotak suara dibuka dan dihitung ulang di tiga desa tersebut.

“Permintaan kami buka kotak suara, hitung ulang, secara transparan, terbuka, sebelum pelaksanaan pleno di tingkat PPK,” tambahnya.

Mereka mengendus aroma ada dugaan kecurangan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 di wilayah Kecamatan Karang Jaya.

“Kami punya bukti-buktinya bahwa patut diduga ada kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif, ada juga dugaan penyelenggara ikut bermain,” ujarnya.

Pantauan di lapangan aksi damai itu sempat memanas setelah massa tersulut emosi dengan jawaban dari pihak PPK dan Panwascam Karang Jaya yang tidak bisa mereka terima. Bahkan, massa mulai melakukan blokade Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di depan kantor Camat Karang Jaya karena tuntutan mereka tak dipenuhi.